Sabtu, 13 Mei 2023

PROSEDUR MEMBAYAR PAJAK MOTOR DI SAMSAT KELILING

 


Post "Prosedur Membayar Pajak Motor Di Samsat Keliling" ini adalah sebuah pengalaman Erni sendiri. Membayar pajak motor adalah kegiatan rutin yang wajib dilakukan oleh pemilik motor tiap tahunnya.

Tepat setahun motor Erni di tanggal 2 Mei 2015. Sudah saatnya sebagai WNI yang baik dan cantik imannya cantik pula akhlaqnya Aamiin :) Erni harus membayar pajak. H-7 harilah Erni membayar pajak motor di samsat keliling. Karena tidak ingin antri lama, maka Erni segera menyelesaikan pekerjaan rumah secepatnya. Berharap dapat nomor antrian 2 atau 4. Pukul 08.15 am Erni mulai berangkat bersama Erna.

Baru mau nyampek lokasi samsat keliling , hanya ada beberapa motor dengan para penghuninya yang hendak membayar pajak juga tanpa ada mobil putih yang bertuliskan SAMSAT KELILING. Kalau begini endingnya harus menunggu hingga mobil samsat tiba.

Dari menit ke menit tak kunjung datang juga. Melepas kebosanan menungggu si Erna bermain game di hpnya sedang si Erni asyik melihat kendaraan yang lalu lalang.  Dari roda 2, hingga roda empat. Ada motor, ada becak, ada bus, truk, mobil bak, sepeda ontel, angkutan umum dan ambulance.

Jam tangan menunjukkan pukul 08.49 am mulai terlihat mobil putih yang bertuliskan samsat keliling. Mulailah kami bergegas mengambil berkas-berkas yang diperlukan. Apa saja itu ? Yuk dicari jawabannya disini.

*Jadwal samsat keliling beroperasi pada hari selasa dan jam kerja kira-kira mulai jam 9 pagi.
*Bayarlah pajak motor H-7 sebelum masa berlaku habis (Expired)

Saat membayar pajak motor hendaknya membawa berkas-berkas :
  1. STNK Asli
  2. BPKB
  3. KTP Asli a/n STNK dan BPKB
  4. Uang Pas
Langkah-langkah awal dalam membayar pajak di samsat keliling :
  • Langsung kedepan loket yang ada di mobil bagian belakang.
  • Letakkan STNK dan KTP di kotak antrian.
  • Tunggu hingga nama kita dipanggil.
  • Bayar pajak motor sesuai yang telah disebutkan si petugas tadi. Erni sarankan pakai uang pas.
  • Setelah terbayar , maka STNK , KTP dan bukti pembayaran pajak yang baru diserahkan kepada kita.
  • Periksa kembali berkas-berkasnya, apa ada yang tertinggal atau tidak.

Buat apa bawa BPKB ? 

Menurut info ditahun kemarin diperlukan. Mungkin saja ditahun ini diperlukan. Jadi apa salahnya sih dibawa. Toh gak berat-berat amat. Iya bukan ?. Waktu Ernie membayar pajak motor BPKB tidak diperlukan loh. Intinya dibawa saja mungkin diperlukan.

Nah, itu dia prosedur membayar pajak motor di samsat keliling menurut pengalaman Erni. Bagaimana kalau pengalaman kalian ?

Ini pengalaman Erni yang pertama membayar pajak di samsat keliling loh. Alhamdulillah pelayanannya bagus dan cepat.  Meski sempet kaget dengan jumlah pajak yang harus dibayar. Kenapa kaget. Kan begini, sebelum hari H pembayaran pajak motor. Erni terlebih dahulu ngecek biaya pajak motor Erni via internet. Di Internet terbilang Rp 317.500. Waktu petugas bilang habis Rp 225.000. Kagetlah Ernie dan hanya bisa bilang "Haa ... ". Meski belum percaya betul, Ernie melihat lembar bukti pembayaran pajak. Dalam lembaran tersebut tertulis Rp 205.500.

Mudah bukan....

Sampai sini dulu . Insya allah kita akan ketemu lagi di tutorial berikutnya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar