Jumat, 12 Mei 2023

TIPE-TIPE PRANATA SOSIAL

Dalam masyarakat akan dijumpai bermacam-macam lembaga social. Tipe-tipe pranata social tersebut dapat diklasifikasikan dari berbagai sudut pandang. Menurut Gillin dan Gillin, pranata social dapat di klasifikasikan sebagai berikut :


1. Menurut Perkembangannya

Berdasarkan perkembangannya, lembaga social diklasifikasikan menjadi 2 yaitu :

a. Crescive Institutions
Crescive Institutions disebut lembaga paling primer dan tidak sengaja tumbuh dari adat istiadat masyarakat. Misalnya hak milik, perkawinan dan agama.

b. Enacted Institutions
Enacted Institutions sengaja dibentuk untuk memenuhi tujuan tertentu. Misalnya untuk memenuhi kebutuhan pendidikan dibentuk sekolah dan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan dibentuk rumah sakit.


2. Menurut Sistem Nilai yang Diterima Masyarakat

Berdasarkan sistem nilai yang diterima masyarakat lembaga social terdiri diri :

a. Basic Institutions
Basic Institutions dianggap sebagai lembaga social yang penting untuk memelihara dan mempertahankan tata tertib dalam masyarakat. Misalnya kepolisian, sekolah dan pengadilan.

b. Subordianry Institutions
Subordianry Institutions adalah lembaga social yang dianggap kurang penting. Misalnya kegiatan yang bertujuan untuk rekreasi.


3. Menurut Penerimaan Masyarakat

Menurut penerimaan masyarakat, lembaga social diklasifikasikan menjadi 2 yaitu :

a. Social Sanctioned Institutions
Social Sanctioned Institutions lembaga yang diterima oleh masyarakat. Misalnya Sekolah, badan usaha dan koperasi.

b. Unsanctioned Institutions
Unsanctioned Institutions adalah lembaga yang ditolak atau dihindari keberadaannya dalam masyarakat. Akan tetapi keberadaan lembaga tidak berhasil diberantas. Misalnya perilaku tindakan criminal.


4. Menurut Factor Penyebarannya

Berdasarkan factor penyebarannya lembaga social meliputi :

a. General Institutions
General Institutions adalah lembaga yang penyebarannya hamper meliputi seluruh dunia. Misalnya agama karena hamper semua penduduk dunia memeluk agama.

b. Restricted Institutions
Restricted Institutions adalah penyebaran yang terbatas pada masyarakat tertentu. Misalnya agama Islam, Kristen, Hindhu, Budha dan sebagainya yang dianut oleh masyarakat-masyarakat tertentu di masyarakat.


5. Menurut Fungsinya

Sesuai dengan fungsinya lembaga social terdiri dari :

a. Operative Institutions
Operative Institutions berfungsi sebagai lembaga yang menghimpun pola-pola yang diperlukan untuk mencapai tujuan. Misalnya lembaga industrialisasi yang berupa badan usaha.

b. Regulative Institutions
Regulative Institutions adalah lembaga yang mengawasi tata kelakuan yang tidak menjadi bagian mutlak lembaga tersebut. Misalnya lembaga hokum seperti kepolisian dan kejaksaan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar