Senin, 15 Mei 2023

CARA MENGECEK NO. RESI VIA EXPEDISI JNE

 Assalamu'alaikum cantik

Calon Penghuni Syurga Allah.

Siapa ni yang masih awam dengan online shop ? Emm... pasti banyak ya.
Ingat ya dear kalau kalian membeli produk online baik itu baju, sepatu, alat kosmetik, bag, gadget atau yang lainnya haruslah waspada. Karena online shop abal-abalan nggak sedikit loh. Bisa jadi uang kalian dibawa kabur. Jika ingin membeli produk online Ernie sarankan untuk memilih online shop yang terpercaya.


Nah , saat kita diberi No. Resi oleh penjual. Kita merasa bingung (untuk pembeli OS pemula). No. Resi ini buat apa sih ? di apain sih. Gini ya ukhty fillah, Kalau anti membeli baju atau yang lainnya di OS (Online Shop) pasti akan dikasih No. Resi. Dengan No. Resi anti bisa mengecek keberadaan paket anti. Kalau anti tidak di beri No. Resi, patut cemaslah dengan OS tersebut.

Ernie akan memberikan bagaimana cara mengecek no. resi. yang menggunakan expedisi JNE.

Let's do it !

Berikut langkah-langkahnya :
1. Siapkan Nomor Resi. Untuk agen JNE yang sudah Online, resi di awali dengan huruf (BKIS100121954314) dan telah diketik oleh komputer. Sedangkan Agen JNE yang masih OFFLINE , No. Resi hanya berupa angka dan ditulis tangan secara manual.
2. Buka Link www.jne.co.id
3. Masukkan No. Resi ke dalam kotak " Trace and Tracking " kemudian klik search


4. Masukkan kode captcha


5. Klik search
6. Maka muncul status pengiriman seperti ini . Lihat pict.


7. Klik pada nomer resi , maka akan muncul detail pengiriman seperti gambar dibawah ini.



Marilah kita mengenal status-status JNE. Yuk di intip !
  1. Manifest : Barang baru didaftarkan di kantor JNE asal pengiriman. 
  2. On-Process : Barang sedang dalam proses pengiriman/perjalanan. 
  3. On-Transit :  Barang sedang transit di kota tertentu. 
  4. Received On Destination : Barang telah sampai di kota tujuan dan akan dikirim ke alamat tujuan. 
  5. Delivered : Barang telah diterima di alamat yang dituju dan biasanya tertera nama penerima barang tersebut. 
  6. Criss Cross : Barang tertukar. 
  7. Cnee Unknown : Nama penerima tidak dikenal saat dilakukan pengantaran ke alamat tujuan. 
  8. AU to OPS : Antar ulang/serah terima dari bagian undelivery (bagian yang menangani kiriman yang bermasalah) ke bagian operasional untuk dilakukan pengantaran ulang ke alamat tujuan yang lebih lengkap dan jelas. 
  9. AU (Antar Ulang) : Barang diantar ulang, karena tidak sempat terantar pada hari sebelumnya. 
  10. Redelivery : Antar ulang. 
  11. BA (Bad Address) : Alamat tidak lengkap/jelas, kurang RT/RW, kelurahan, nomor rumah, gang, dsb. 
  12. MR (misroute) : Salah antar, salah kirim, salah jalur. 
  13. Closed Once Delivery Attempt : Kurir telah datang tetapi rumah alamat penerima tutup/koson. 
  14. NTH (Not At Home?) : Penerima tidak ada di rumah (sedang keluar).
 
    Mudah bukan ? Kalau ada yang belum paham , silahkan bertanya . Malu bertanya sesat dijalan loh.


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar