Senin, 22 Mei 2023

BAHAN-BAHAN KIMIA DISEKITAR KITA

 1.Bahan pembersih


a. Sabun
Dibuat dari bahan-bahan alami yakni lemak hewan dan minyak tumbuhan, pembuatan sabun melalui suatu reaksi penyabunan (saponifikasi), dalam reaksi tersebut minyak dan lemak mengalami reaksi dengan larutan natrium hidroksida/kalium hidroksida.

Zaman sekarang sabun ditambahkan bahan-bahan lain missal : krim sebagai penghalus kulit. Parfum sebagai pemberi aroma wangi dan vitamin sebagai meremajakan kulit. Kotoran yang mengandung lemak dan minyak yang tidak dapat larut di dalam air dapat di hilangkan dengan sabun. Sabun tidak dapat berbusa dalam air yang mengandung logam, magnesium, kalsium, dan besi.

b. Detergen
Detergen yang dikenal sekarang biasanya berbentuk bubuk. Daya cuci detergen lebih uat disbanding sabun, sebab itu pemakaian detergen sudah meluas.

c. Bahan pembersih lain
Semakin banyak bahan kimia buatan semakin banyak pula produk kimia yang dihasilkan, misalnya : Pembersih lantai, kaca, barang yang terbuat dari akyu dan pemebrsih untuk bahan vinyl. Bahan kimia tersebut mengandung asam klorida, asam sitrat, natrium dll.

2. Bahan Pemutih

Pemutih biasanya dijumpai dalam bentuk pemutih baju dan wajah. Pemutih baju gunanya untuk mengjilangkan noda membandel yang menempel pada pakaian dan membunuh bakteri. Dalam pemutih biasanya mengandung 5,25 % larutan natrium hipoklorit.

3. Bahan pewangi atau pengharum

Aroma dalam pewangi biasanya berupa aroma bunda dan buah-buahan. Aroma pewangi berasal dari senyawa tertentu missal : citral (lemon), irone (violet), jasmine (melati), dan geraniol (mawar). Apara ahli berupaya mendapatkan senyawa buatan (sintesis) yang memiliki aroma mirip dengan bahan alami. Senyawa sintetis banyak disukai karena lebih murah.

4. Pembasmi serangga (Insektisida)

Umumnya insektisida disemprotkan ke udara untuk membunuh serangga. Adapun macam-macam obat pembasmi serangga yakni DDT (Dikloro Difenil Trikloro etana), BHC (Benzena Heksa Klorida) asam sianida dan karbin disulfide. DDT telah dilarang penggunaannya dan di tarik dari peredaraan karena sangat berbahaya bagi makhluk hidup. Adapun obat pembasmi hama seperti aldrin, dieldrin dan endrin.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar